JAPNAS Suarakan Kewirausahaan Bagi Kader Ansor Bangka Belitung

120

Pangkal Pinang, 06 Desember 2019

Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) menyampaikan bahwa peningkatan enterpreneur sekarang ini menjadi prasarat wajib untuk memajukan perekonomian Indonesia. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Keanggotaan Dan Hukum PP JAPNAS Reza Irsyad Aminy dalam seminar Ansorpreneur yang digelar di Pangkal Pinang, 06 Desember 2019. “ Bercita-cita menjadi aparatur negara, prajurit TNI, maupun Dokter boleh-boleh saja. Namun perlu diingat bahwa enterpreneur ini bisa menopang pembangunan kesejahteraan nasional,” ungkap Pria yang biasa disapa Bung Reza ini.

Saat ini jumlah pengusaha di Indonesia menembus 3,1 persen dari total jumlah penduduk sekitar 260 juta jiwa atau sekitar 8,06 juta jiwa, angka tersebut melampaui standar internasional sebanyak 2 persen. Namun jika dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia, jumlah pengusaha di Indonesia masih kalah jauh. “ Singapura 7% pengusahanya, sedangkan Malaysia sudah 5 %. Artinya kita masih tertinggal jauh jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga,” ungkap Reza.

Oleh karenanya dalam kesempatan tersebut Bung Reza menyampaikan bahwa jiwa-jiwa kewirausahan haruslah dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Karena menjadi pengusaha bukan hanya pilihan terakhir dalam berkarir, namun dapat juga menjadi ladang ibadah bagi umat manusia.  “ Jika kita ingin maju, jika kita ingin memberikan lapangan usaha bagi saudara-saudara kita, ya kuncinya marilah kita menjadi pengusaha,” lanjutnya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Wakil Ketua Umum Bidang OKH PW JAPNAS Bangka Belitung yang juga Ketua Ansor Bangka Belitung, Wahyu Gusna menyampaikan bahwa harus ada perubahan mind set bagi rakyat Indonesia khususnya generasi muda pesantren untuk mendorong pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia. “ Sekarang ini kewirausahaan sudah diajarkan di pesantren-pesantren. Santri harus memiliki ide-ide dan tekad untuk menjadi pengusaha. Masalah bangkrut atau berhasil itu tergantung usaha kita sendiri,” ungkapnya. (*)