JAPNAS JABAR GANDENG BRI KEMBANGKAN UKM

0
482
tampil

Jaringan pengusaha nasional (Japnas) Jawa Barat berencana menjalin kerjasama dengan Bank BRI untuk mendorong pengembangan usaha para pelaku usaha di Jawa Barat. Salah satunya dengan kemitraan pembiayaan yang akan dilakukan. 

Ketua Umum Japnas Jawa Barat Iwan Gunawan mengatakan pihaknya telah sepakat melakukan kerjasama dengan Bank BRI dalam mendorong peningkatan usaha para pelaku usaha di Jawa Barat. Bahkan pihaknya pun akan segera membentuk tim kecil untuk segera mengawal dan merealisasikan kerjasama tersebut. 

“Kita akan melakukan kemitraan strategis dengan Bank BRI, baik mengenai pembiayan bagi anggota japnas dan para pelaku usaha lainnya maupun program program edukasi untuk pelaku usaha mikro kecil,” jelas Iwan usai melakukan pertemuan dengan Pimpinan Wilayah Bank BRI Jawa Barat di Gedung BRI Tower Jln.Asia Afrika Bandung, Selasa (16/5). 

Dikatakanya, kemitraan ini merupakan hal yang sangat penting, sehingga hal tersebut bisa mendorong percepatan pengembangan usaha bagi pelaku usaha di Jabar. Terlebih selama ini salah satu faktor yang membuat para pengusaha kesulitan berkembang adalah disebabkan karena sulitnya akses pembiayaan.

“Kemitraan ini harus dibangun bagi para pelaku usaha eksisting kita tingkatkan volumenya dari kecil menjadi menengah. Sementara yang menengah jadi besar. Dan bagi yang mikro dan kecil, japnas akan melakukan edukasi dari mulai menejemen aspek, kelembagaan usaha, tekhnologi dan aspek pemasaran,” katanya. 

Menurutnya edukasi bagi para pelaku usaha mikro dan kecil pun sangat penting. Terlebih para pelaku usaha mikro kecil pun perlu mengembangkan aspek wawasannya agar menunjang usaha yang dilakukan. Termasuk juga diharapkan para pelaku usaha mikro kecil pun bisa melakukan terobosan inovasi dalam pengembangan usahanya. 

“Ini penting untuk peningkatan kapasitas usaha. Jejaring pembiayaan ini sangat penting, japnas menilai ini sangat strategis dalam mereperensikan pembiayaan. Selama ini para pelaku kesulitan dalam urusan permodalan,” katanya. 

Oleh karena itulah, lanjutnya, kerjasama yang akan dilakukan pun dibangun atas dasar 3 hal, yakni mutual understanding,mutual benefit dan adanya trust. 

“Konteksnya kesetaraan antara perbankan dan para pelaku busaha di japnas. Ini startegis, selama ini perbankan relatif seakan akan ada diatas dibanding nasabah,” katanya. 

Lebih lanjut Iwan pun mengatakan, untuk mendorong peningkatan kapasitas usaha para pelaku UKM di Jawa Barat, Japnas Jabar pun berkomitment untuk terus meningkatkan kemitraan startegis dengan pihak lainnya. 

“Tentunya kemitraan akan dikembangkan terus, baik dengan BRI maupun perbankan lainya. Tapi kita mulai komitment ini dengan bri, karena bri punya chaneling delivery yang lebih luas sampai kedesa desa,” katanya.  (rmoljabar.com/16 Mei 2017)

Artikel sebelumnyaPW JAPNAS JABAR DILANTIK
Artikel selanjutnyaJAPNAS DKI GELAR SEMINAR DUKUNG PROGRAM KEMENKES
Faizin Aslam
Lahir di Klaten, Besar Di Klaten,Kerja Di Jakarta, Tinggal Di Tangerang. Memulai kerja dari wartawan, dan kini menjadi Pekerja JAPNAS. Semoga terbuka jalan lgi untuk terus berkarya
SHARE