JAPNAS HADIR DI KALSEL, TAWARKAN SINERGITAS

0
122
tampil

Bajarmasin, 05 April 2018

Bahwa untuk memaksimalkan potensi ekonomi daerah, dibutuhkan adanya jejaring bisnis yang dapat menjembatani masuknya investasi ke wilayah tersebut. Hal ini diungkapkan Ketua Umum PP JAPNAS Bayu Priawan Djokosoetono saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Pengurus Wilayah JAPNAS Provinsi Kalimantan Selatan (05 April 2018). “ JAPNAS hadir karena adanya kebutuhan kami pengusaha untuk berjejaring dengan rekan-rekan pengusaha di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan ini,” ungkapnya.

Dalam kurun waktu tiga tahun sejak didirikan, JAPNAS konsentrasi dalam membangun komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak. Sebut saja diantaranya, Perum Bulog, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kemendes, Kementerian Perindustrian, serta berbagai pihak swasta baik yang ada di dalam maupun luar negeri.  “ Berbagai kerjasama ini ditujukan untuk menggali informasi dan peluang usaha untuk meningkatkan Capacity Building para pengusaha JAPNAS,” lanjutnya.

“Target kami bukan menciptakan pengusaha-pengusaha baru, namun meningkatkan capacity building bagi para pengusaha JAPNAS. Sebab anggota JAPNAS adalah pengusaha, yang diperlukan adalah bagaimana usahanya akan semakin besar dan berkembang,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Bayu juga mengungkapkan bahwa JAPNAS didirikan bukan untuk tujuan politik. “ Kami murni bergerak di sektor bisnis. Namun kami juga tidak melarang anggota-anggota kami untuk terjun ke dunia politik. Kami hadir di Kalsel ini, untuk mengembangkan jaringan bisnis anggota-anggota kami. Untuk bersinergi bersama, karena inilah yang sangat kami butuhkan. Tidak bisa seorang pengusaha besar sendiri tanpa ada bantuan dari rekan-rekan pengusaha lainnya,” pungkasnya.

Senada dengan Bayu, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Keanggotaan, Dan Hukum PP JAPNAS Reza Irsyad Amini mengungkapkan bahwa kehadiran JAPNAS di Kalimantan Selatan tidak ada kaitannya dengan berbagai konstestasi politik yang saat ini sedang marak. “ Kami tidak ada hubungannya dengan Pilkada, Pilwakot, Pilgub ataupun kontestasi politik lainnya. Kami hadir murni untuk bersinergi dan berjejaring di dunia bisnis,” ungkap Reza yang juga dipercaya sebagai Ketua Tim Caretaker Nasional Pembentukan PW JAPNAS ini.

Hal ini tercermin dalam program-program kerja yang dilaksanakan JAPNAS dalam kurun tiga tahun berdiri. “ JAPNAS tidak ingin hanya mengkritik pemerintah namun tanpa memberikan solusi. Jadi program-program yang kami bikin pun tidak hanya seremonial saja. Business Matching, pendataan potensi, maping bisnis. Program-program seperti inilah yang sering kami dorong,” lanjut Pria Yang sering disapa Bung Reza ini. 

Gayung bersambut, semangat bersinergi inilah yang melatar belakangi H.Risdianto Haleng bersedia menjadi Ketua Umum PW JAPNAS Provinsi Kalimantan Selatan. “ Kalsel menjadi Provinsi Ke-11 JAPNAS. Ini sangat membahagiakan kami, karena Kalsel dengan potensi Sumber Daya Alamnya membutuhkan investasi-investasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Klasel, “ ungkap Anto.

  “ Kami sangat menunggu-nunggu hadirnya asosiasi pengusaha yang benar-benar berorientasi pada sektor usaha. Alhamdulillah, hari ini hal tersebut terwujud. Saya sebagai Ketua Umum tentu perlu bantuan dari berbagai pihak, untuk mewujudkan dan menjalankan amanah yang kami emban ini,” Pungkas Anto (*)