Japnas dan ASEAN BIMP-EAGA Susun Roadmap Ekonomi ASEAN Timur Pasca COVID-19

147
Ketua Harian PP Japnas Widiyanto Saputro dalam Diskusi Online ASEAN BIMP EAGA (Pengembangan Ekonomi kawasan ASEAN Timur)

Davao City – Jaringan Pengusaha Nasional menyiapkan kerjasama pembahasan dan mendorong roadmap Pemulihan Ekonomi Sub Kawasan ASEAN Timur dengan ASEAN BIMP EAGA (Brunei Darussalam – Indonesia – Malaysia – Phillipines East ASEAN Growth Area).

BIMP EAGA adalah Organ ASEAN lintas pemerintah dan swasta yang menangani perkembangan ekonomi sub kawasan ASEAN Timur. Di Indonesia, aktifitas BIMP EAGA ditangani dibawah Direktorat Kerjasama Kawasan ASEAN dalam Kementerian Koordinator Perekonomian RI.

Inisiatif kerjasama ini mengemuka dalam diskusi online perwakilan negara – negara tersebut dalam Forum ICT CIO BIMP EAGA, Selasa 30 Juni 2020.


Ketua Harian Jaringan Pengusaha Nasional Widiyanto Saputro yang menjadi perwakilan pengusaha Indonesia dalam forum tersebut menyatakan bahwa para pengusaha dalam infrastruktur Japnas sangat mendukung pengembangan sub kawasan ini, dan Japnas sebagai Indonesia Investment & Business Hub sekaligus organisasi vocal point Indonesia siap menindaklanjuti dan mendorong dalam pembahasan tingkat kawasan segera.

Diskusi yang digelar ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam menjaga komunikasi, sinergitas dan sinkronisasi program pengembangan ekonomi sub kawasan ASEAN Timur.
Penyelenggara kegiatan ini dikelola oleh BIMP EAGA ICT CEO Forum dibawah kepemimpinan Mr. Akhid Ubaidillah (periode 2019 – 1021), menampilkan DR Vanessa Teo CEO Agrome dari Brunei Darussalam dan John Tria President City Chamber of Commerce dari Phillippines dan Widiyanto Saputro Founder & CEO Arum Bumi Group dari Indonesia.

Baca Juga  Pengusaha Harus Tetap Optimis Meski Daya Beli Dan Ekonomi Melemah

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat Kementerian Koordinator Perekonomian yang membawahi kerjasama sub regional diantaranya Asisten Deputi Kerjasama Regional dan Sub-Regional Kemenko Perekonomian, Netty Muharni.

Sebagai informasi, dalam tingkat sub regional, Pengembangan Ekonomi ASEAN dibagi menjadi 3 sub kawasan yaitu BIMP EAGA. IMT GT (Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle) dan GMS (Great Mekong Subregion).

(*)