JAPNAS Aceh Siapkan Pengusaha Hadapi Era Industrialisasi

772

Banda Aceh, 07 Februari 2019

Untuk menggerakkan potensi ekonomi di Aceh, sebuah wa­dah para pengusaha yakni Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) berkomitmen menyiapkan peng­usaha di Aceh untuk menghadapi era industri 4.0 di daerah itu.

Hal itu disampaikan Ketua Ha­rian JAPNAS Aceh, Mahfudz Y Loe­than, pada acara pendidikan dan pelatihan serta penda­taan ang­gota JAPNAS Aceh, di Hotel Ku­mala Banda Aceh, Ka­mis, (7/2).

“Aceh akan menjadi pusat pertumbuhan industrialisasi baru di Indonesia, makanya kehadiran JAPNAS juga bagian dari mem­persiapkan pengusaha kita, untuk bisa menambah kapa­sitas diri menyambut era tersebut, apalagi menghadapi revo­lusi industri 4.0,” ujarnya.

Dalam sambutannya Mahfudz mengajak semua pengusaha un­tuk ikut bersinergi bersama meng­hadapi era persaingan in­dus­tri ke depan. Mahfudz meng­ungkapkan, Aceh sudah punya 40 perusahaan yang terdata di Jap­nas Aceh.

Acara ini dihadiri wakil ketua umum bidang organisasi, ka­de­risasi  dan hukum Reza Iryad Aminy. Dalam kesempatan itu, dia mensosialisasi AD/ART dan pen­doman organisasi ke­pada pe­ngurus JAPNAS Aceh.

Aceh Kaya Potensi

Reza mengatakan, Aceh me­mi­liki banyak potensi yang be­lum digali. Menurutnya, sektor pari­wisata dan sumber daya alam me­rupakan sumber ekonomi poten­sial yang seharusnya perlu digali.

“Saya melihat Aceh memang punya potensi yang sangat tinggi. Itulah makanya kami mendirikan pengurus wilayah JAPNAS di sini. Letak Aceh yang paling ujung ba­rat Indonesia punya banyak pot­ensi yang belum digali, baik dari pariwisata­nya maupun keka­yaan alamnya,” ujar Reza.

Menanggapi kondisi Aceh yang masuk daerah termiskin di Sumatera, dia mengatakan terlalu banyak pengusaha yang berki­prah di luar. “Sehingga di Aceh sendiri banyak yang be­lum terga­rap. Dan bukan hanya di Aceh, secara umum juga ter­jadi di Indonesia,” katanya.

Ketua Umum JAPNAS Aceh, Hasbul Fayadi mengharapkan, ke­ber­adaan JAPNAS di Aceh mam­pu menciptakan peluang usa­ha baru yang digerakkan oleh peng­usaha lokal didaerah ini.

“JAPNAS Aceh berkomitmen, menciptakan peluang usaha baru, dan ini tentu dengan sinergi dengan pengusaha yang ter­gabung di JAPNAS ini sendiri,” kata­nya. (*)