Fire Bird Motor Club Fun Touring to Bandung

0
678
tampil
FireBird Motor Club

(MABUA) – Sebanyak 30 bikers Fire Bird Motor Club (FBMC) fun touring dari Jakarta via Puncak ke kawasan Dago, Bandung. Dalam touring yang berkesan ini, bikers melakukan bakti sosial di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid.

Komunitas pecinta dan pendukung Harley-Davidson yang bernama Fire Bird Motor Club (FBMC) ini berdiri pada bulan Mei 2015. Awal mulanya, kami hanya kumpul-kumpul saja. Karena ada di antara kami yang senang naik motor besar, lama-lama jadi ketularan suka motor besar, terutama Harley-Davidson, kata Ketua FBMC, Bro Boy Reza Nasution.

FBMC merupakan Badan Semi Otonom dari organisasi Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas). Oleh sebab itu, seluruh anggota FBMC berasal dari Japnas. Bikers berlatar belakang pengusaha dari berbagai bidang seperti konstruksi, properti, konveksi dan garmen, biro perjalanan wisata, batu bara dan energi, event organizer, dan industri lainnya.

Semuanya pengusaha, ada yang sudah punya motor besar Harley-Davidson, ada juga yang belum. Namun sebagian besar memiliki kemampuan untuk membeli Harley, tinggal mencari yang cocok saja sesuai karakternya masing-masing, ungkap Bro Boy.

Bermula dari pemberitahuan di sosial media untuk mengajak anggota Japnas yang suka main motor besar untuk touring bareng. Sekaligus menyosialisasikan keberadaan FBMC. Gayung pun bersambut, ternyata respons nya luar biasa. Bahkan, cukup banyak anggota Japnas dari berbagai daerah berpartisipasi menjadi peserta touring. Perwakilan daerah yang hadir di antaranya dari Bangka Belitung, Manado, Lampung, dan Jawa Barat, kata Bro Boy.

Untuk memuluskan rencana touring, sejumlah anggota Fire Bird Motor Club menyewa motor besar Harley-Davidson dari Mabua Harley-Davidson. Kami menyewa sebanyak 22 Harley dari Mabua untuk dipergunakan anggota kami yang belum memiliki Harley, namun sangat tertarik dan antusias sekali ingin naik Harley, kata Bro Boy. Total peserta kurang lebih dari 90 orang termasuk kru pendukung. Yang tidak riding Harley, naik bus.

Start touring dimulai dari sekretariat Japnas di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan. melalui jalur Puncak, Bogor, menuju Bandung, dan finish di Marbella Suites, Dago Pakar, Bandung. Rute melalui Puncak Pass ini yang menurut saya paling menarik, karena saya sendiri juga baru main Harley. Jalannya cukup berliku dan dinamis, ada kelokan, turunan, tanjakan dan tidak membosankan. Panorama dan udaranya juga menyegarkan. Di Puncak, kami sempatkan untuk beristirahat sejenak, sambil foto-foto, kata Bro Boy yang menyebutkan FBMC melakukan fun touring yang santai dan tidak terburu-buru oleh waktu.

Kami benar-benar menikmati naik Harley. Sangat mengasyikan, mendengar suaranya yang keren, getaran mesinnya. Bagi bikers pemula seperti kami yang belum lama mengendarai Harley, sangat menyenangkan sekali, kata Bro Widiyanto yang menjabat sebagai Ketua Harian Japnas.

Dari Puncak menuju Cianjur, dan langsung mengarah ke Pondok Pesantren Daarut Tauhiid di Gegar Kalong, Bandung. Bikers FBMC melakukan bakti sosial memberikan sejumlah dana. Kami memberikan bantuan sejumlah Rp20 juta untuk dana pendidikan bagi para santri khususnya yang tidak mampu atau yatim dan piatu, kata Bro Boy.

FireBird Motor Club di Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung

Menurut Bro Boy, mengendarai motor besar Harley-Davidson sama dengan refreshing, menyegarkan pikiran. Kalau lagi naik Harley di jalan, semuanya bisa lupa. Lupa hutang di bank, dan lain-lain. Hahaha maklum pengusaha siapa tahu punya hutang. Tapi, kalau sudah turun dari Harley ya inget lagi sama hutangnya, kata Bro Boy bercanda.

Bro Widiyanto menambahkan, untuk mengendarai Harley-Davidson memang membutuhkan keahlian, bisa lancar dengan cara safety riding course. Sebelum touring ke Bandung, beberapa kali kami mengikuti safety riding dari Mabua. Selain itu, juga harus memiliki tingkat kesabaran dan feeling yang tinggi. Saat nge-gas, nge-rem, berbelok, di jalan lurus, semuanya penuh perhitungan yang matang.

Perumpamaan yang cocok, kata Bro Boy, seperti karakter pengusaha yang harus penuh perhitungan dan berani ambil risiko dalam berbisnis. Sebab, bisa untung dan rugi. Namun, dengan persiapan yang baik, memahami safety riding dan cara berkendara yang baik dan benar, maka bisa ketagihan untuk ikut terus touring naik Harley.

Dalam acara makan malam dan ramah tamah, FBMC meresmikan kepengurusannya yang Pertama. Bro Boy terpilih sebagai Ketua FBMC, sekretaris dipercayakan kepada Bro Reza Aminy dengan dukungan Mang Imron Boim Cassidy selaku Bendahara. Kepengurusan ini sekaligus disahkan oleh Ketua Umum Japnas Bayu Priawan Djokosoetono.

Intinya, seluruh anggota Firebird ingin memiliki motor besar Harley-Davidson. Kini, tercatat sebanyak 50 orang anggota dari berbagai daerah. Namun, tidak semuanya ikut touring ke Bandung. Sebab, ada yang bentrok waktunya dengan urusan bisnis. Tetapi, animo peserta untuk mengikuti touring berikutnya sudah terlihat.

Banyak yang sudah menanyakan akan touring ke mana lagi. Kami berencana touring ke Kepulauan Bangka-Belitung, kata Bro Boy yang memfavoritkan Harley-Davidson Street Glide. Nanti, apabila bisnis kembali berjalan lancar, dan pendapatan subur kembali, sebagian besar pengusaha Japnas akan membeli Harley-Davidson. Sepanjang perjalanan, Street Glide asyik diajak bermanuver karena bobotnya tidak terlalu berat seperti Ultra. Cukup akseleratif dan powerful, enjoy, kata Bro Boy.

Sebelumnya, Bro Boy pernah mengendarai Fat Boy dan Softail Deluxe, yang posisi handle bar untuk riding sangat relax. Cruiser banget. Di Puncak dan kawasan pegunungan kapur di Padalarang, banyak truk-truk yang dilewati. Tetap tenang, menikmati touring, dengan pemandangan yang cukup indah, kata ayah dua anak ini.

Seluruh anggota Firebird berkeinginan untuk touring ke banyak daerah di nusantara, selain menikmati perjalanan, juga kuliner dan berwisata. Dan tidak lupa, yang menjadi prioritas dari Firebird adalah setiap touring, kami akan menyisihkan rezeki kami sebagai pengusaha untuk kegiatan sosial dan amal, sehingga kami tidak hanya bersenang-senang saja, tapi juga mampu menyenangkan orang lain yang membutuhkan bantuan, kata Bro Boy.

Penulis : Eka L.
Foto-Foto : Wyesnoe.
Sumber: http://www.mabuamedia.com/motorcycles/fire-bird-motor-club-fun-touring-to-bandung/